Latest News

Langkah Awal Membeli Domain

Kemarin saya sudah curhat diartikel Akhirnya punya domaiin .com, Kemaren saya juga sudah janji mo buatin tutorial langkah awal membeli domain, tutorial ini saya ambil dari pengalaman pribadi.

Ini adalah langkah awal dari beberapa langkah untuk mengganti blog kita dengan domain lain seperti .com .biz .info .pro .net .mobi .eu .org .co.id dan masih banyak lagi

Sebelum memulai, apakah sobat sudah tahu apa itu domain? domain (domain name/nama domain)adalah sebuah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server di internet yang sebenarnya adalah rangkaian angka IP server. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server. domain juga sering disebut dengan istilah URL, atau alamat website. Domain memudahkan kita mengingat suatu alamat, bandingkan contoh ini:
jika suatu server memiliki IP 192.168.10.1 apakah mudah untuk menghafalnya? tentu sukar untuk menghafalnya nah dengan domain kita bisa menghafalnya dengan kata misal facebook.com google.com dll.
Macam-macam ekstensi domain
  1. global Top Level Domain (gTLD) seperti .com, .net, .org, .info
  2. country code Top Level Domain (ccTLD) seperti .co.id, .net.id, .or.id, dan lain lain.
ok kita teruskan ke langkah awal "Membeli Domain"
Untuk membeli nama domain, silahkan sobat cari website yang melayani pembelian domain. Contoh website yang meayani pembelian domain adalah:
http://ramajahosting.com
http://dafiji.com
http://godaddy.com

Saya belum bisa merekomendasikan mana yang lebih baik, karena saya baru memilih remajahost.com, sampai saat ini tidak ada masalah tapi sayangnya contact personnya kurang ramah, tapi nggak terlalu galak juga :D

karena saya baru berpengalaman membeli domain di remajahost, jadi langkah" yang akan saya tulis adalh langkah membeli domain di remaja host, dan disini saya akan membuat domain dengan nama contohnamikazestar
  • Pertama-tama kita masuk kesini dulu
  • Kedua masukkan nama yang ingin di beli misal: contohnamikazestar, dan centang domain yang sobat suka, misal: .com jangan lupa untuk memasukkan kode chapta dan klik lookup
  • kalau ada tulisan Congratulations! contohnamikazestar.com is available! berarti nama yang sobat pilih cocok dan belum ada yang memakai, untuk melanjutkan klik "Order Now >>"
  • Setelah klik order now maka akan masuk ke halaman "Domain Configuration" (bisa diatur kapan saja jadi bisa langsung klik "Update Cart") Sebelum klik Update Cart wajib centang DNS Management (FREE!) kalau perlu centang pula DNS Protection. Kosongkan Nameservers karena akan kita atur nanti. klik "Update Cart".

  • Kalau kita punya kode promosi, masukkan kode promosi tsb ke kolom "promotion code" kemudian klik "Check Out". untuk promo ramadhan kodenya adalah COMRH, kode tersebut mempunyai masa berlaku.
 
  • Kemudian akan ada  info seperti dibawah ini:

  • Nah dibawah info tsb ada  form registrasi isi sesuai data diri sobat dan form metode pembayaran. jangan lupa centang "
  • Kllik "Complate Order"
  • Maka sobat akan dibawa ke halaman akhir transaksi
 Jangan lupa catat/ingat tanggal pembelian domain
Nah selesai sudah semuanya, sekarang waktunya transfer lewat metode yang tadi sobat pilih, kemudian sesuah transfer sobat diwajibkanmengkonfirmasi pembayarannya disini, supaya bisa langsung diproses. selesai sekarang tinggal menunggu pengaktifan domain, cuma 5mnt paling lama 3hari :).
Selesai sudah tutorial pertama ini, semoga bermanfaat, maaf bila ada salah kata atau kata yang kurang jelas

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel NKS, Silahkan tinggalkan komentar anda guna meramaikan blog sederhana ini.

NamiKaze Star Shared by Themes24x7 Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.