Latest News

Mengenal Debian

Sebenarnya sudah banyak sekali yang menulis artikel tentang debian, namun disini saya ingin mencoba mengulas dan merangkum debian khususnya untuk pembaca setia blog ini.

Apa itu debian? Debian adalah sebuah Sistem Operasi (yang selanjutnya akan ditulis OS) open source atau bebas, yakni keluaran dari Linux yang dikembangkan secara terbuka oleh banyak pengembang Debian yang tergabung dalam proyek Debian. Sistem operasi Debian merupakan gabungan dari perangkat lunak yang dikembangkan dengan lisensi GNU, dan utamanya  menggunakan kernel Linux, sehingga popular dengan nama Debian GNU/Linux. Debian GNU/Linux adalah basis distribusi lainya termasuk Knoppix, Linspire, Linux Mint, Backtrack, MEPIS, Xandros, dan keluarga Ubuntu.

Kenapa memakai debian? Debian banyak dipakai untuk server ke-kompleks-an nya, juga dukungan akan software-software yang dipacking sebanyak lebih dari 29000 selain itu debian juga memiliki dukungan basis GUI dan CLI, biasanya debian akan diinstall dengan basis CLI digunakan jika komputer tersebut akan dipakai sebagai server. Hal ini membuat kinerja server lebih optimal.

Mari kita ulas sedikit tentang sejarahnya, Debian pertama kali diperkenalkan oleh Ian Murdock, seorang mahasiswa dari Universitas Purdue, Amerika Serikat, pada tanggal 16 Agustus 1993. Seperti yang pernah dikutip oleh wikipedia.org, nama Debian berasal dari kombinasi antara nama mantan kekasihnya Debra Lyn dan namanya sendiri Ian, hingga terbentuklah Debian yang hingga saat ini pun masih banyak dipakai. Dan untuk sejarah lebih lengkapnya anda bisa baca di wikipedia.org.

Siapa pengembang debian saat ini? kembali pada lisensinya yang open source, maka debian bebas untuk dikembangkan secara terbuka oleh banyak pengembang yang tergabung dalam proyek debian.

Siapa pemimpin proyek debian?. Pemimpin Proyek Debian (The Debian Project Leader (DPL) adalah orang-orang yang ada di depan publik dan menjadi penentu arah dari proyek. orang-orang tsb adalah:
    Ian Murdock (Agustus 1993 – Maret 1996), pendiri dari Proyek Debian
    Bruce Perens (April 1996 – Desember 1997)
    Ian Jackson (Januari 1998 – Desember 1998)
    Wichert Akkerman (Januari 1999 – Maret 2001)
    Ben Collins (April 2001 – April 2002)
    Bdale Garbee (April 2002 – April 2003)
    Martin Michlmayr (March 2003 – March 2005)
    Branden Robinson (April 2005 – April 2006)
    Anthony Towns (April 2006 – April 2007)
    Sam Hocevar (April 2007 – April 2008)
    Steve McIntyre (April 2008 – April 2010)
    Stefano Zacchiroli (April 2010 – Sekarang)
Selain untuk server perusahaan besar, debian juga banyak dipakai untuk home industri misal digunakan pada warnet, WISP, dll. sehingga rasanya kurang afdol kalau kita tidak mengenal apa itu debian.

10 comments:

  1. istilah-istilahnya baru saya kenali sob, :)

    ReplyDelete
  2. saya sering dengar nama debian linux server tapi tidak pernah memakai atau mempelajarinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung dari minat, kalo agan minat nanti tak buatin tutornya gan cheer

      Delete
  3. Apakabar kawan sudah beberapa waktu tak main di blog ini.

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel NKS, Silahkan tinggalkan komentar anda guna meramaikan blog sederhana ini.

NamiKaze Star Shared by Themes24x7 Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.