Latest News

Operating System (OS)

Operating System (OS) adalah suatu software yang berfungsi sebagai pengendali komputer, maksud dari pengendali disini adalah yang melakukan kontrol dan me-manejemen perintah, juga termasuk software sistem dasar untuk menjalankan software/aplikasi lain, misal: Microsoft Office, Winamp, dan lain lain.

Operating System biasanya disimpan di partisi khusus yang terpisah dari data pribadi, dan partisi tersebut menjadi partisi awal (bootable) yang akan dibaca ketika komputer pertama kali menyala. Operating Windows misalnya, biasanya file/data sistem diletakkan pada partisi C:\, dan data pribadi berada di partisi D:\ dan seterusnya, sehingga jika suatu saat Operating System mengalami masalah, kemungkinan besar data pribadi dapat terselamatkan.

Tugas Operating System adalah melakukan hal paling inti, misal dalam penyajian interface, sehingga software-software lain tidak perlu melakukan hal tersebut dan kinerja menjadi lebih singkat. Software lain hanya perlu menyesuaikan untuk mendapat support dari Operating System.

Operating System juga berfungsi sebagai penghubung hardware dan software sehingga dapat saling terkoneksi/berkomunikasi, hampir semua perintah diproses oleh Operating System, sedangkan software lain juga berfungsi untuk menambah fitur/melengkapi fitur yang belum dimiliki oleh Operating System tersebut.

Operating paling banyak digunakan saat ini adalah Windows (sering digunakan untuk personal hingga bussines), seiring berkembangnya zaman Windows juga melakukan update hingga versi terbarunya saat ini adalah Windows 8, sayangnya tak sedikit virus terdaftar dan paling sering ditemukan di Operating System ini, dengan kata lain banyak virus yang dapat bersarang dalam Operating System ini berbeda dengan Linux (seing digunakan untuk server) yang menggunakan pinguin sebagai icon khasnya. Selain itu salah satu Operating System lokal terbaru adalah Garuda OS, dan masih banyak lagi Operating System seperti Android,MacOs, dan lain-lain. Beberapa Operating System adalah open source (gratis) ada juga yang berbayar.

Perkembangan Operating System dimulai dari altair yakni perangkat komputer pertama pada tahun 1975 yang menggunakan sistem operasi CP/M dan kemudian oleh perusahaan microsoft merilis MS-DOS Dan berkembang dari MS-DOS versi 1.0 Pada tahun 1981 sampai MS-DOS versi 5.0 pada tahun 1991 setelah inilah Microsft Mulai mengembangkan versinya mulai dari Windows97, Windows98, Windows98Me, Windows2000, Windows ME, Windows XP, Windows Vista, Windows 7,dan terbaru yang meluncur pada tahun 2012 yang lalu yakni Windows 8

Sekian Artikel Operating System ini, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel NKS, Silahkan tinggalkan komentar anda guna meramaikan blog sederhana ini.

NamiKaze Star Shared by Themes24x7 Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.