Latest News

Simple Future Tense Materi Bahasa Inggris SMK

Pengertian Simple Future Tense

Simple future tense adalah suatu bentuk kata kerja yang digunakan untuk menyatakan bahwa suatu aksi terjadi dimasa depan, secara spontan atau terencana. Adapun simple future tense juga dapat digunakan untuk membentuk if conditional tipe 1. 

Rumus Simple Future Tense

Simple future tense dibentuk dari modal “will” atau “shall” dan bare infinitive (bentuk dasar verb) atau dibentuk dari auxiliary verb “be” (am, is, are) , present participle “going”, dan infinitive.  Apa ituinfinitiveInfinitive merupakan bare infinitive yang diawali atau tanpa diawali ”to”.
Jenis KalimatRumusContoh Simple Future Tense
positif
(+)
S + will + bare infinitive
S + be(am/is/are) + going + (to) bare infinitive
You will win
They are going to come
negatif
(-)
S + will + not + bare infinitive
S + be(am/is/are) + not + going + (to) bare infinitive
You won’t win
They aren’t going to come
interogatif
(?)
Will + S + bare infinitive
Be(am/is/are) + S + going + (to) bare infinitive ?
Will you win
Are they going to come

Fungsi Simple Future Tense

Be going to digunakan dalam mengungkapkan sesuatu yang akan terjadi di masa depan dengan bertitik tolak dari masa kini. Contoh simple future tensenya :
It is seven already, we are going to be late. (Ini sudah pukul 07.00 , we akan terlambat) bisa dilihat bahwa dalam contoh itu, kita tahu bahwa kita akan terlambat karena melihat sudah jam 07.00.
Pola ini juga digunakan untuk mengungkapkan suatu rencana. Selain itu, pola ini juga digunakan untuk kejadian yang akan datang, yang sudah pasti akan terjadi. Be going to juga digunakan untuk mengungkapkan keinginan dan suatu janji. Contoh simple future tensenya:
We are going to eat at the restaurant tonight. (kami akan makan di restoran malam ini).
Dalam penggunaan sehari-hari dan percakapan umum(kegiatan non-formal), orang juga menggunakan gonna. Ini adalah bentuk sederhana dari be going to.Tapi ini sangat tidak disarankan untuk digunakan dalam konteks resmi (menulis dan percakapan formal).
Sedangkan, will/shall digunakan untuk mengungkapkan suatu kejadian yang akan terjadi. Namun, will/shall digunakan untuk hal-hal selain rencana dan janji, jadi hanya digunakan dalam konteks umum saja yang belum pasti terjadi. Will ini lebih untuk menyebutkan detail tentang apa yang akan terjadi. contoh:
I am going to have holiday. We will go to beach. Di contoh ini, rencana diungkapkan dengan pola be going to, lalu ketika menjelaskan detailnya, kita menggunakan will.
Keterangan waktu yang sering dipakai adalah tomorrow, soon, tonight, next week, next month,etc.



Contoh Latihan Soal Materi Pelajaran Bahasa Inggris



1 comment:

  1. makasih mass infonya..
    info seputar bola, prediksi bola ter-update..
    berita bola TERBARU DAN TERPERCAYA hanya ada di www.bola368.net
    Kunjungi juga www.bola368.org, Anda puas Kami pun senang.!

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel NKS, Silahkan tinggalkan komentar anda guna meramaikan blog sederhana ini.

NamiKaze Star Shared by Themes24x7 Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.