Latest News

LCD vs CRT

Hari ini Saya ingin membahas sedikit Review Monitor LCD vs CRT
Langsung saja baca Reviewnya.
Saat ini ada 2 teknologi monitor yang beredar dipasaran, yakni
CRT & LCD. Masing - masing punya kelebihan & kekurangannya. Salah satunya yang paling jelas terlihat adalah bentuk fisiknya. Crt berbentuk tebal & besar sedangkan LCD tipis dan ringan.
Monitor CRT biasanya mempunyai resolusi yang bisa diatur dan tetap baik pada resolusi apapun. Sementara monitor LCD memiliki istilah native resolution (resolusi asli). Pada monitor ini gambar terbaiknya adalah pada native resolution ini. Resolusi pada monitor LCD ini memang bisa di ubah-ubah, tetapi biasanya gambar menjadi jelek.

Dalam soal warna, monitor CRT bisa menampilkan lebih banyak warna ketimbang monitor LCD. Tapi dalam hal ketajaman LCD lebih tajam dibandingkan dengan Monitor CRT. Monitor CRT bisa dilihat dari segala sudut, sedangkan monitor LCD belum tentu bisa begitu. Pada sudut tertentu gambar bisa tidak kelihatan.

Pada beberapa monitor CRT dengan refresh rate rendah akan tampak berkedip-kedip. Tapi hal ini bisa diatasi dengan menggunakan kartu grafis yang bisa mengirimkan refresh rate tinggi. Sehingga monitor tidak tampak berkedip. Monitor LCD tidak berkedip sehingga tidak membutuhkan refresh rate.

Ketika kita membeli monitor CRT dengan ukuran 17", maka yang anda dapatkan bukan 17", tetapi paling cuma 16.1". Angka 17" disebut dengan ukuran monitor, sementara 16.1" disebut view area. Selisih antara ukuran monitor dengan view area bisa sekitar 1". Sementara monitor LCD beda ukuran ini tidak sampai 1".

Apabila dilihat dari sisi harga monitor LCD jauh lebih mahal dibandingkan monitor CRT. Tapi untuk penggunaan jangka panjang monitor LCD bisa jauh lebih murah. Hal ini disebabkan karena monitor LCD memiliki daya / umur yang lebih panjang dan hanya membutuhkan daya listrik yang kecil.
Terimakasih, Semoga Bermanfaat. . .

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel NKS, Silahkan tinggalkan komentar anda guna meramaikan blog sederhana ini.

NamiKaze Star Shared by Themes24x7 Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.