Latest News

Tips Lengkap Merawat Komputer

Perawatan sangat penting fungsinya untuk PC kita, Komputer itu hampir sama seperti manusia, butuh perawatan dan kasih sayang, bila kita sering melakukan perawatan, maka komputer kita sehat dan terlihat bersih.

Nah, berikut ini tips yang akan saya paparkan kepada Anda mengenai cara perawatan yang benar terhadap PC kita, bukankah kita senang kalo  komputer kita sehat, dan bersih?

1.  Defrag harddisk secara berkala.
Fungsi defrag adalah untuk menata dan mengurutkan file-file harddisk berdasarkan jenis file/data sedemikian rupa sehingga akan mempermudah
prosesread/write sehingga beban kerja akan lebih ringan yg akhirnya dapat memperpanjang umur
harddisk. Caranya klik menu Start > Program > Accesories > System Tool >  Disk Defragmenter. Saat menjalankan fungsi ini tidak boleh ada program lain yang berjalan termasuk screensaver karena akan mengacaukan fungsi defrag ini.

2.  Aktifkan screensaver
Selain bersifat estetis screensaver mempunyai fungsi lain yang penting. Monitor CRT juga televisi menggunakan fosfor untuk menampilkan gambar. Kalau monitor menampilkan gambar yang sama untuk beberapa saat maka ada fosfor yang menyala terus menerus. Hal ini dapat mengakibatkan monitor bermasalah yaitu gambar menjadi redup/kurang jelas. Lain halnya jika monitor Anda adalah LCD, LED yg sudah dilengkapi dengan energy saving, maka screensaver tidak terlalu dibutuhkan lagi. Cara mengaktifkan screensaver dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya klik Start > Control Panel > Display > klik tab screensaver, kemudian pilih sesuai selera Anda.

3.  Ventilasi yang cukup.
Tempatkan monitor maupun CPU sedemikian rupa sehingga ventilasi udara dari dan ke monitor / CPU cukup lancar. Ventilasi yang kurang baik akan menyebabkan panas berlebihan sehingga komponen/rangkaian elektronik di dalamnya akan menjadi cepat panas sehingga dapat memperpendek umur komponen tsb. Oleh karena itu usahakan jarak antara monitor/CPU dengan dinding/tembok minimal 30 cm. Kalauperlu pasang kipas angin di dalam ruangan.

4.    Pakailah UPS atau stavolt.
Pakailah UPS untuk mengantisipasi listrik mati secara tiba-tiba yang dapat mengakibatkan hardisk rusak . Kalau terpaksa tidak ada UPS, pakailah Stavolt untuk mengantisipasi naik turunnya tegangan listrik.

5.    Tutup / close program yg tidak berguna.
Setiap program yang diload atau dijalankan membutuhkan memory (RAM) sehingga semakin banyak program yg dijalankan semakin banyak memory yang tersita. Hal ini selain dapat menyebabkan komputer berjalan lambat (lelet) juga beban kerja menjadi lebih berat yang akhirnya dapat memperpendek umur komponen/computer.

6.    Install program antivirus dan update secara berkala Untuk
Dapat mengenali virus/trojan2 baru sebaiknya update program antivirus secara berkala. Virus yang terlanjur ada, selain membutuhkan biaya juga akan menyebabkan harddisk Anda akan lebih cepat rusak dibanding apabila tidak sering diinstall ulang.

7.    Bersihkan RecycleBin secara rutin.
Sebenarnya file/folder yang kita hapus tidak langsung hilang dari harddisk karena akan ditampung dahulu di Recycle Bin ini dengan maksud agar suatu saat apabila Anda masih membutuhkannya dapat mengembalikan lagi. Recycle Bin yang sudah banyak juga akan menyita ruang harddisk yang dapat menyebabkan pembacaan harddisk jadi lelet. Caranya: jalankan Windows Explorer > klik Recycle Bin > klik File > klik Empty Recyle BinAtau Anda dapat menjalankan fungsi Disk Cleanup Caranya Klik Start > Program > Accessories > System Tool > Disk Cleanup > kemudian pilih drive yang mau dibersihkan > setelah itu centangilah opsi Recycle Bin kalau perlu centangi juga yang lain (seperti temporary file, temporary internet file), setelah klik OK.

8.    Jangan meletakkan Speacker Active terlalu dekat dengan monitor.
Karena medan magnet yang ada pada speacker tersebut akan mempengaruhi monitor yaitu warna monitor komputer menjadi tidak rata atau belang-belang.

9.    Uninstall atau buang program yg tidak berguna.
Ruang harddisk yang terlalu banyak tersita akan memperlambat proses read/write harddisk sehingga beban kerjanya akan lebih berat sehingga harddisk akan cepat rusak.

10. Bersihkan motherboard & periferal lain dari debu secara berkala.
Setidaknya enam bulan sekali hal ini harus dilakukan. Buka casingnya terlebih dahulu kemudian bersihkan motherboard dan periferal lain (RAM, Video Card, Modem, Sound Card, CDR/CDRW/DVRW, TV Tuner) dengan sikat halus. Pada saat komputer tidak digunakan tutuplah komputer (monitor, CPU, keyboard/mouse) dengan cover sehingga debu tidak mudah masuk ke dalam komputer.

11. Pasang kabel ground.
Apabila casing nyetrum, ambil kabel dengan panjang seperlunya,ujung satu dihubungkan dengan badan CPU (pada casing) sedangkan ujung yg lain ditanam dalam tanah. Hal ini akan dapat menetralkan arus listrik yg “nyasar” sehingga dapat membuat komponen elektronik lebih awet.



Merawat Keyboard
  • Keyboard tentu tidak asing lagi kita dengarkan istilah tersebut apalagi bagi yang sudah mengenal istilah komputer. Keyboard sebagai salah satu Input Device untuk mengoperasikan komputer seringkali dijadikan pertimbangan ke sekian pada saat seseorang membeli 1 unit komputer, bahkan sudah jamak kita menyebutnya Keyboard Standard . Keyboard standard ataupun yang bermutu bagus tentu suatu saat akan sampai tiba waktunya ngadat, nah untuk sedikit menunda “kematian” keyboard berikut tips perawatan keyboard yang bisa kita lakukan.
  • Belilah Keyboard yang memiliki Brand Name dengan reputasi bagus dalam hal pembuatan produk keyboard, memang harus merogoh kocek lebih dalam untuk menghindarkan kejengkelan anda terhadap keyboard yang dibelikemudian digunakan 1 bulan rusak dan akhirnya membelinya lagi.
  • Touch With Heart , karena Keyboard tentu berbeda jauh dengan papan ketik manual; yang perlu tenaga extra untuk memencetnya. Keyboard menggunakan denyut pulsa elektronik yang hanya memerlukan sentuhan kecil untuk memberikan efek.
  • Usahakan tidak meletakan sesuatu yang berat,.. buku misalnya di atas tust keyboard. Hal tersebut menyebabkan mekanisme pembalik berupa per lembut atau pembalik berupa bahan plastik lembut menjadi keras dan tidaklentur, dan akhirnya menguarangi kenyaman untuk memakainya.
  • Tempatkan Keyboardsedemikian rupa sehingga mudah dan nyaman digunakan. Selain itu dengan posisi yang baik, beban karena hentakan jari ketika mengetik menjadi merata. Usahakan kabel penghubung keyboard ke port Ps2 tidak terbelit atau tertekuk. 
  • Hindarkan dari percikan air,.. kopi misalnya dan hindarkan dari debu dan abu rokok. Debu termasuk diantaranya abu rokok jika masuk ke dalam selasela keyboard tentu menjadi menghambat mekanisme pembalik. Mungkin saja per lembut atau plastik pembalut masih lentur.. tapi tentu tidak lancar karena kaki-kaki tombol terhambat oleh tumpukan debu.
  • Biasakan pembersihan berkala terhadap sela-sela tuts pada keyboard menggunakan kuas ataupun air spray atau jika perlu gunakan hembusan dari mulut anda. Lakukan pembersihan tersebut dengan posisi keyboard terbaliksehingga memudahkan keluarnya kotoran yang menyumbat sela-sela keyboard.
  • Nah.. agar anda tidak perlu mukanya memerah gara-gara keseringan menghembus debu di sela-sela keyboard.. gunakan penutup plastik atau selembar koran untuk menutup keyboard selama keyboard tersebut tidakdipergunakan.

Merawat Monitor
  1. Mencabut kabel power supply komputer atau monitor dari stop kontak Jangan lupa, apabila kita sudah selesai menggunakan komputer, segera matikan tombol on/off monitor dan cabut juga kabel yang menghubungkankomputer atau monitor dengan stop kontak. Dengan demikian, tidak ada lagi aliran listrik yang akan masuk ke komputer kita.
  2. Mematikan monitor ketika komputer sedang idle Kadang kala, kita sedang men-defragmentasi file-file di hardisk. Dari pada menunggu proses defragmentasi itu selesai, lebih baik kita jalan-jalan sebentar sekitar 30 menit dan matikan pula monitor Anda.
  3. Monitor yang berada di ruangan TIDAK ber-AC Pastikan bahwa ruangan tersebut mempunyai aliran udara, seperti jendela atau lubang angin yang mencukupi. Boleh juga menambahkan kipas kecil di atas monitor supaya udara panas segera keluar dari perangkat monitor kit.
  4. Bersihkan monitor seminggu sekali Cukup dengan kemoceng, kita kipas-kipaskan untuk membersihkan debu-debuyang menempel. Apabila punya waktu luang, bersihkan dengan kain dan pembersih khusus perangkat komputer.

Merawat Harddisk
  • Perawatan Dasar
Yang paling mudah dilakukan adalah menjaga harddisk Anda sekosong mungkin (maksudnya tidak perlu menginstal program/game yang jarang Anda gunakan). Jika isi harddisk Anda tidak banyak, maka harddisk Anda tidak akan menghabiskan waktu lama untuk mencari data yang Anda butuhkan. Setidaknya, sebulan sekali Anda perlu memeriksa programprogram Anda dan putuskan program aplikasi atau game apa yang tidak begitu diperlukan. Jika Anda menemukannya, hapus saja dari harddisk. Jika program tersebut memiliki pilihan untuk menghapus dirinyasendiri (uninstall), gunakan saja fitur itu. Biasanya program Windows 9x atau aplikasi-aplikasi Macintosh memiliki uninstall-nya. Jika Anda yakin akan menghapus sendiri program tersebut, atau tidak tersedia program uninstall-nya, pastikan bahwa Anda tidak menghapus file-file yang penting secara manual. Gunakan uninstall yang disediakan olehSistem Operasi. Ini pula alasan yang mendasari mengapa sebuah struktur direktori yang terorganisasi dengan rapi sangat penting. Pisahkan file penting Anda dengan data lain dan file milik sistem operasi di tempat yang berbeda. Anda akan terhindar dari penghapusan file-file penting secara tidak sengaja, terutama file sistem operasi dan data Anda.
  • Rebuild, Repair, Reboot
Pada suatu saat, penghapusan file-file yang tidak perlu mungkin tidak lagi memadai. Sebenarnya, semakin banyak Anda menghapus dan menambah file, harddisk Anda akan semakin terfragmentasi. Jika hal ini Anda biarkan, hal-hal buruk bisa saja terjadi pada harddisk tersebut. Harddisk Anda akan mulai berjalan dengan lamban, dan pada saatnya meskipun waktunya relatif cukup lama- harddisk tersebut bisa merusak dirinya sendiri. Untungnya, Anda bias mencegah hal tersebut dengan melakukan langkah-langkah sederhana. Para pengguna Macintosh harus membeli program-program tertentu untuk mengoptimalkan kinerja seperti Norton Utilities dan lain-lain, sedangkan pemilik PC bisa mendapatkan program utility tersebut secara gratis dari sistem operasi Windows. Tentu saja programprogram tersebut bukan merupakan aplikasi khusus seperti Norton Utilities, tetapi program ini cukup untuk mengoptimalkan secara standar. Jika harddisk Anda terfragmentasi, cara yang sederhana untuk mengatasinya adalah denganmendefragmentasi harddisk tersebut. Itulah alasannya program seperti Defrag dan Scandisk bisa Anda dapatkan secara gratis pada Windows, untuk membantu mengoptimalkan harddisk Anda. Defrag memeriksa harddisk Anda, mencari file-file apa yang tidak pada tempatnya, dan juga memindahkan file-file lain sesuai dengan urutannya. Scandisk memeriksa harddisk dan mencari kemungkinan adanya error, dan biasanya membetulkannya secara otomatis. Kadang-kadang, sebuah program tidak terhapus sepenuhnya dan Scandisk cukup pintar untuk menolong Anda mengembalikan bit-bit yang hilang pada harddisk yang mungkin tidak bisa Anda gunakan sambil membetulkan error-error yang lain. Anda harus menjalankan kedua program ini secara rutin. Bagi pemilik Macintosh, jika belum memiliki Norton Utilities, cepetan beli! Tidak ada aplikasi khusus pada sistem operasi Macintosh untuk mengoptimalisasi harddisk. Pada Norton Utilities, program untuk merapikan harddisk adalah SpeedDisk, sedangkan untuk memeriksa atau memperbaiki error adalah Norton Disk Doctor. Bahkan Norton Disk Doctor ini mampumencegah bertambahnya bad sector pada harddisk Anda. Sama seperti pemilik PC, pengguna Macintosh sebaiknya merapikan harddisk secara rutin minimal sebulan sekali.

  • Shut Down Dengan Benar
Hal yang juga sangat penting bagi pemilik computer dengan sistem operasi Windows 9x keatas atau Macintosh adalah tidak sembarangan mematikan komputer! Pada sistem operasitersebut, terdapat cara untuk mematikan komputer dengan benar (properly shut down). Jika mematikan computer tidak dilakukan dengan cara yang benar, risikonya Anda akan kehilangan data-data penting, atau file-file yang disimpan akan menjadi rusak.Kemungkinan lain, komputer tersebut tidak akan bekerja karena harddisknya rusak atau muncul bad sector. Ini berbahaya, Bung! Jadi, gunakanlah perintah shut down tersebut. Jangan menjadi tidak sabaran. Waktu yang Anda keluarkan untuk menunggu komputer tersebut untuk benar-benar mati tidak sebanding dengan waktu yang akan Anda keluarkan jika terjadi masalah pada computer Anda. Belum lagi dana yang Anda harus keluarkan kalau terjadi kerusakan fisik pada harddisk kesayangan Anda.

  • Pasang Dengan Benar


Cara pemasangan harddisk dengan benar dapat memberikan efek yang sangat signifikan terhadap performance komputer kita. Cobalah untuk mengikuti prinsip-prinsip berikut:
-       Usahakan drive yang bertipe sama pada satu kabel (harddisk dengan harddisk)
-       Jangan memasang perangkat yang lebih lambat (misalnya CD-ROM) bersama dengan kabel harddisk
-       Simpan software yang penting (sistem operasi) pada harddisk yang lebih cepat
-       Jadikan harddisk yang lebih cepat sebagai master
-       Kalau bisa, tempatkan system Windows 95/98 dalam partisi tersendiri
-       Tempatkan virtual memory dan cache memory pada drive di mana system diletakkan(biasanya di drive C) Kalau bisa, simpan jauh-jauh software penting dan cadangannya dari drive Windows Gunakan harddisk yang lebih lambat untuk penyimpanan data dan software yang kurang penting Yakinkan bahwa semua komponen terpasang dengan benar tanpa terjadi konflik (lihat di Device Manager)
-       Program kompresi memang dapat mengoptimalkan tempat, tetapi juga mengurangi kecepatan akses harddisk. Jadi, silahkan Anda pilih, ingin cepat atau luas?


Beberapa saran di atas hanya bisa Anda lakukan jika Anda merapikan ulang PC Anda (membuka casing, misalnya). Jika hal ini sudah Anda lakukan dengan benar, maka kecepatan akses harddisk bisa meningkat. Selain itu file-file yang berekstensi .tmp dan .bak atau yang berada pada direktori Temp (Temporary) juga bias mengurangi performa system Anda. Sebaiknya jika Anda yakin filefile tersebut sudah tidak terpakai, Anda dapat membuangnya.


Merawat FlasdiskDengan perawatan dan pemakaian yang benar, usia Flasdisk bisa mencapai 10.000 sd. 100.000 proses hapus tulis. Oleh karena itu, ada baiknya, Anda membaca tips dan trik perawatan Flasdisk berikut:
-       Hindarkan dari panas langsung atau tidak langsungKomponen Flasdisk terdiri dari logam yang akan memuai apabila kena panas, maka hindarkan meletakkan Flasdisk dalam ruangan yg panas atau bahkanter kena sinar matahari langsung. misalnya jangan menaruhnya dalam bagasi mobil atau motor.
-       Hindarkan dari air. Karena air merupakan penghantar listrik, maka alat ini pun bisa konslet apabila terkena air dan yang jelas pasti rusak.
-       Jauhkan dari medan manet di dalam Flasdisk terdiri dari chips atau logam kecil-kecil yang akan mudahterpengaruh dengan sumber medan magnet, oleh karena itu, hindari meletakkan Flasdisk ini dekat dengan TV, Radio Tape, Speacker Active, juga Ponsel yang menghasilkan gelombang radio dan magnet.
-       Hindari benturan yang keras Walaupun dari pihak produsen mengklaim Flasdisk produknya anti shock(benturan), tetapi menghindari benturan/jatuh merupakan langkah antisipatif yang tepat.
-       Tutup selalu Untuk, melindungi dari debu dan kotoran, apabila sedang tidak digunakan, sebaiknya Anda selalu menutupnya. Debu atau kotoran dapat menyebabkan proses baca tulis sering gagal atau bahkan tidak terbaca sama sekali.
-       Lakukan prosedur eject atau stop Jangan asal mencabut Flasdisk dari Komputer tetapi lakukan prosedur eject atau stop terlebih dahaulu. Kalau tidak, selain bisa menyebabkan data kacau atau hilang juga bisa memperpendek umur Flasdisk atau bahkan menjadi rusak.
-       Minimalisasi proses hapus tulis. Dengan meminimalisasi proses hapus tulis, dapat membuat Flasdisk lebih awet.ingat, usia FD kira-kira 10.000 sd 100.000 proses hapus tulis.
-       Lakukan scan virus. Yang tak kalah pentingnya adalah selalu scan virus, sebelum Anda membuka atau mencopy filenya ke Komputer. Tentunya dengan antivirus yg terupdate secara berkala. Hal ini untuk mencegah Komputer tertular dari FD yang mungkin terinfeksi virusJangan melakukan pengeditan langsung Usahakan file/datanya kita copy ke Komputer dahulu, baru kemudian lakukan pengeditan di Komputer, setelah selesai, baru kemudian pindah/copykan ke Flasdisk. Pengeditan langsung di Flasdisk, menyebabkan umurnya lebih pendek.


MERAWAT SOFTWARE
-       Pastikan sotware yang anda install bebas dari virus
-       Install anti virus yang mampu mendetect secara auto virus, update anti virus kamu, sebaiknya gunakan anti virus yang mampu mendelete’ dengan baik. (rajin untuk melakukan scanning komputer semua lokal harddisk)
-       Gunakan sebuah software yang ringan sesuai sfesifikasi komputer dan keperluan.
-       Sebaiknya Buat 2 Partisi, sehingga kita dapat menyimpan file di lokal D dan tidak terlalu banyak menyimpan di lokal C.
-       Tutup / close program yg tidak berguna Setiap program yg diload atau dijalankan membutuhkan memory (RAM) sehingga semakin banyak program yg dijalankan semakin banyak memory yg tersita
-       Defrag harddisk secara berkala. Fungsi defrag adalah untuk menata dan mengurutkan filefile harddisk berdasarkan jenis file/data sedemikian rupa sehingga akan mempermudah proses read/write sehingga beban kerja akan lebih ringan yg akhirnya dapat memperpanjang umur harddisk Install software security seperti deff freaze (bila perlu), dan install perogram seperti (system mechanic). Apabila sering pada terjadi hang’/craz instalasi saat membuka program,sebaiknya instalasi kembali program itu.
-       Jangan mengutak-atik file windows dan registry (regedit) apabila anda tidak memahaminya.
-       Sebelum rusak hardware, rajin-rajin Backup Data Kamu ya.


Langkah Lain Untuk Merawat Software Komputer :
Memelihara dan merawat perangkat lunak komputer merupakan tugas yang tidak dapat diabaikan oleh setiap pengguna dan/atau pemilik komputer. Meskipun terkesan sepele, namun beberapa pengetahuan dasar dalam merawat dan mengelola komputer belum sepenuhnya dikuasai. Padahal dengan merapikan dan merawat secara rutin perangkat komputer, dapat menjaga stabilitas bahkan meningkatkan kinerja komputer yang ada. Dibawah ini terangkum beberapa kiat yang kiranya dipelajari dan dilakukan sehubungan dengan pemeliharaart ini.

Melihara Perangkat Lunak
-       Hidup dan matikan komputer sesuai prosedur yang benar. Pada sistem operasi Windows, lakukan selalu proses Shutdown sehingga saat menghidupkan kembali komputer tidak terjadi masalah dengan sistem operasi.

-       Gunakan program bantu anti virus. Dan secara berkala lakukan scanning terhadap file-file yang ada pada komputer sehingga kemungkinan keberadaan virus dapat terdeteksi lebih dini. Sebaiknya kurangi transfer dengan media disket.

-       Lakukan backup data secara berkala. Hal ini berguna untuk menjaga kemanan data, mengurangi penggunaan kapasitas media penyimpan dan memudahkan pendistribusian data jika dibutuhkan.

-       Untuk keamanan data dan menghindari kerusakan pada motherboard gunakan selalu UPS dan Stavol agar jika sewaktu-waktu aliran listrik padam, masih ada cukup waktu untuk menyimpan pekerjaan lalu melakukan ShutDown sesuai prosedur.

-       Lakukan penataan disk (hard disk drive) secara rutin. Karena seperti telah diuraikan dimuka, proses hapus tulis pada media penyimpan (hard diskdrive), mengakibatkan susunan atau struktur file menjadi tidak teratur. Gunakan program bantu seperti Scandisk dan Defrag.

-       Sebaiknya tidak melakukan instalasi sistem aplikasi yang tidak dibutuhkan walaupun komputer masih mampu. Semakin padat sistem konfigurasi perangkat lunak pada sistemoperasi, akan memperiambat kinerja komputer.


Menghapus File Sampah
Yang dimaksud dengan file sampan disini adalah file yang tidak diperlukan lagidalam sistem ini. Periksa dan hapus dengan fasilitas pencarian Windows. Lakukan langkah-langkah di bawah ini:

-       Klik menu [start], [search], [files or folders...]

-       Pada kotak dialog Search criteria : All files, ketik .TMP, .SYD, .OLD, .BAK, .CHK

-       Pada boks Named, klik [Find Now]. Teks di atas adalah format untuk file sementara dan backup di komputer.

-       Jika terdapat file sampah di hard disk drive, hapus dengan menekan [Ctrl] + [A] untuk menyeleksi semua file, lalu klik kanan dan pilih [Delete]. Untuk menghapus secara permanen, setelah seleksi tekan [Shift] + [Delete].

-       Dapat juga menggunakan Tune Up Utilities 2004 untuk menghapus file-file yang tidak terhapus

-       Tidak hanya bersih, komputer juga perlu sehat. Untuk itu lakukan perawatan dengan fasilitas yang tersedia pada komputer. Ikuti langkah-langkah berikut :

-       Klik kanan pada ikon My Computer dan pilih Explore

-       Klik kanan ikon hard disk drive [C], lalu pilih [Properties]

-       Klik tab [General] Disini akan teriihat kapasitas hard disk drive, baik yang sudah terisi maupun yang masih kosong.Klik tombol [Disk Cleanup] maka secara otomatis komputer akan mencari semua file yang harus dibuang dari drive [C]

-       Muncul kotak dialog “Disk Cleanup for System (C): ” dengan daftar file yang bisa dihapus dari sejumlah folder.Pastikan memberi tanda centang pada semua kotak File for Delete, lalu klik [OK].

-       Jika muncul kotak dialog konfirmasi, klik [Yes].

-       Kembali ke kotak dialog Properties hard disk drive, klik tab [Tools]. Periksa apakah ada kerusakan sistem atau tidak dengan meng-klik [Check Now] pada menu Error Checking.

-       Muncul kotak dialog Chek Disk System (C), beri tanda centang pada kedua pilihan [chek disk option]kemudian klik tombol [Start].

• Sekarang rapikan susunan file di hard disk drive. Balik ke kotak dialog Properties hard disk drive, dan klik [Tools], [Defragment Now]. Tujuannya adalah mengumpulkan ke grupnya masing-masing seluruh file-file yang tercecer sehingga sistem lebih mudah, cepat, dan lancara saat membuka aplikasi dan file. Tunggu sampai proses selesai. Demikianlah yang dapat saya sampaikan, semoga bemanfaat.

3 comments:

  1. Terimakasih banyak yah sob atas kunjungan'a sobat telah mampir ke blog saya..^_^
    btw, informasi blog sobat bagus2 dan menarik..
    semoga makin suskses lagi dalam dunia blogger yah sob..:)
    Salam sejahtera..:: Natan auto software ::..

    ReplyDelete
  2. met malem, gan ..met kenal... numpang belajar disini... :)

    ReplyDelete
  3. @Natan Auto Software: terimakasih juga sudah visit me back, salam sejahtera juga \m/

    @kangtokkomputer: sipp gan :-bd

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel NKS, Silahkan tinggalkan komentar anda guna meramaikan blog sederhana ini.

NamiKaze Star Shared by Themes24x7 Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.